Selamat datang Dr. Mona Sari dan Riza Ariyani Nur Khasanah, Ph.D. untuk bergabung dengan Departemen Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY.

Dr. Mona Sari, S.Pd., M.Sc. dan Riza Ariyani Nur Khasanah, S.Pd., M.Sc. Ph.D. merupakan Dosen baru PTNBH Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) angkatan pertama yang disahkan sejak 1 September 2023. Mereka bergabung dengan Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan formasi Program Studi Pendidikan Fisika (Mona) dan Program Studi Fisika, konsentrasi Elektronika dan Instrumentasi (Riza).

Mona meraih gelar Doktor dan Master dalam bidang Fisika Material di Departemen Fisika, Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Beliau telah melakukan riset pada topik  the Use of Indonesian Mussel Shells as a Basic Biomaterials for Bone Tissue Engineering, Dental Caries Application, and Bone Implant  dan telah menghasilkan 17 publikasi internasional terindeks Scopus dan WoS. Selain itu, semasa studi S3, beliau berkesempatan untuk mengikuti program internship selama 1 semester di BBT, Universitat Politècnica de Catalunya, Barcelona, Spain melalui Biotune Project (European Union’s Horizon 2020). Di masa depan, penelitian beliau akan berfokus pada fabrikasi biomedical product berbahan dasar biogenik dari Indonesia yang terintegrasi pada bidang riset fisika biomedis, dental, dan tissue engineering. Mona menyelesaikan studi S1 dengan gelar S.Pd. di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sriwijaya, Palembang.

Sementara itu, Riza meraih gelar Ph.D. dalam bidang Optoelektronik di Department of Applied Physics, Tunghai University, Taichung, Taiwan dan gelar master dalam bidang Fisika Material di Departemen Fisika, Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Beliau telah melakukan riset pada topik Spectrocopic Ellipsometry, Light-Emitting Diodes (LED) Characterized by Electric Modulus Spectroscopy, Photodetector, dan Photocatalyst,dan telah menghasilkan 7 publikasi internasional terindeks Scopus dan WoS. Di masa depan, penelitian beliau akan berfokus pada sensor yang mengintegrasikan riset pada bidang material, optoelektronik, sinyal, dan instrumentasi. Riza menyelesaikan studi S1 dengan gelar S.Pd. di Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Dengan datangnya dua Dosen baru tersebut di Departemen Pendidikan Fisika diharapkan dapat menambah dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di Departemen Pendidikan Fisika dalam mencetak generasi muda yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan.