You are here
KOMPETENSI LULUSAN
Primary tabs
No |
Programme Objectives Description |
PEO1 |
Lulusan memiliki sikap ilmiah, kreatif, inovatif dan dapat bersaing di era global |
PEO2 |
Lulusan menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang fisika dan pendidikan |
PEO3 |
Lulusan mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang TPACK dan local wisdom dalam pembelajaran fisika |
PEO4 |
Lulusan mampu mengimplementasikan hasil penelitian Pendidikan Fisika melalui kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang beradab |
PLO |
Description |
PLO1 |
Menunjukkan etika profesional berdasarkan nilai agama dan patriotisme |
PLO2 |
Menunjukkan etika professional berdasarkan nilai akademik dan sikap ilmiah |
PLO3 |
Menguasai konsep, hukum, prinsip, dan teori fisika klasik dan modern beserta metode analisisnya |
PLO4 |
Menguasai kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran di bidang fisika |
PLO5 |
Menerapkan teori metodologi penelitian Pendidikan fisika, kurikulum, media dan asesmen pada pembelajaran fisika |
PLO6 |
Membuat perangkat pembelajaran pada bidang kurikulum, media, dan asesmen Pendidikan fisika sesuai dengan kaidah TPACK dan local wisdom |
PLO7 |
Mempublikasikan hasil penelitian pendidikan fisika minimal di tingkat nasional |
PLO8 |
Menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan beradaptasi, komunikasi, dan kepemimpinan |
PLO9 |
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran fisika dan manajemen laboratorium fisika |
Programme Objectives |
Programme Learning Outcomes (PLOs) |
||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
PO1 |
v |
v |
|
|
|
|
|
|
|
PO2 |
|
|
v |
v |
|
|
|
|
|
PO3 |
|
|
|
|
v |
v |
|
|
|
PO4 |
|
|
|
|
|
|
v |
v |
v |
CP PADA KURIKULUM (KKNI) |
Program Learning Outcome (PLO) |
||
S1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
PLO 1 |
Menunjukkan etika profesional berdasarkan nilai agama dan patriotisme |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
||
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
||
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
||
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||
S7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian pendidikan fisika secara mandiri |
||
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
PLO 2 |
Menunjukkan etika professional berdasarkan nilai akademik dan sikap ilmiah |
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||
KK2 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi fisika melalui pendekatan saintifik |
||
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora |
||
KU5 |
Mampu menjaga dan mengembangkan kesejawatan dengan pembimbing, kolega, maupun sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga |
||
KU6 |
Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok / organisasi. |
||
P8 |
Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika |
PLO3 |
Menguasai konsep, hukum, prinsip, dan teori fisika klasik dan modern beserta metode analisisnya |
P10 |
Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister |
||
P1 |
Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah; |
PLO 4 |
Menguasai kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran di bidang fisika |
P2 |
Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika |
||
P3 |
Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah |
||
P4 |
Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuK merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa |
||
P9 |
Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran Fisika di sekolah |
||
KK6 |
Terampil membelajarkan konsep-konsep dalam ilmu fisika, dan mengomunikasikannya dalam bahasa inggris (khususnya bagi lulusan kelas unggulan) pada peserta didik |
||
P6 |
Menguasai metode penelitian pendidikan fisika |
PLO 5 |
Menerapkan teori metodologi penelitian Pendidikan fisika, kurikulum, media dan asesmen pada pembelajaran fisika |
P5 |
Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar |
PLO 6 |
Membuat perangkat pembelajaran pada bidang kurikulum, media, dan asesmen Pendidikan fisika sesuai dengan kaidah TPACK dan Local Wisdom |
KK1 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi pada situasi yang dihadapi |
||
KK3 |
Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah |
||
KK5 |
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran fisika |
||
KU4 |
Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu. |
||
KU2 |
Mampu mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran ataupun riset di bidang pendidikan fisika yang telah dilakukan melalui kaidah dan etika ilmiah dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media ilmiah |
PLO 7 |
Mempublikasikan hasil penelitian pendidikan fisika minimal di tingkat nasional |
KK7 |
Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang pendidikan fisika dan fisika |
PLO 8 |
Menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan beradaptasi, komunikasi, dan kepemimpinan |
KK8 |
Mampu mengembangkan potensi dalam dunia usaha dan industri |
||
KK9 |
Mampu mengembangkan wawasan dan keterampilan di luar bidang pendidikan fisika, seperti: kesehatan, humaniora, ekonomi dan rekayasa |
||
P7 |
Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan |
PLO 9 |
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran fisika dan manajemen laboratorium fisika |
KK4 |
Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan fisika dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan |
||
KU3 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok |
Kontak Kami
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281
Telepon dan fax (0274) 550847
Email: pend_fisika@uny.ac.id
Copyright © 2024,