KOMPETENSI LULUSAN

 

 

No

Programme Objectives Description

PEO1

Lulusan memiliki sikap ilmiah, kreatif, inovatif dan dapat bersaing di era global

PEO2

Lulusan menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang fisika dan pendidikan

PEO3

Lulusan mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang TPACK dan local wisdom dalam pembelajaran fisika

PEO4

Lulusan mampu mengimplementasikan hasil penelitian Pendidikan Fisika melalui kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang beradab

 

 

PLO

Description

PLO1

Menunjukkan etika profesional berdasarkan nilai agama dan patriotisme

PLO2

Menunjukkan etika professional berdasarkan nilai akademik dan sikap ilmiah

PLO3

Menguasai konsep, hukum, prinsip, dan teori fisika klasik dan modern beserta metode analisisnya

PLO4

Menguasai kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran di bidang fisika

PLO5

Menerapkan teori metodologi penelitian Pendidikan fisika, kurikulum, media dan asesmen pada pembelajaran fisika

PLO6

Membuat perangkat pembelajaran pada bidang kurikulum, media, dan asesmen Pendidikan fisika sesuai dengan kaidah TPACK dan local wisdom

PLO7

Mempublikasikan hasil penelitian pendidikan fisika minimal di tingkat nasional

PLO8

Menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan beradaptasi, komunikasi, dan kepemimpinan

PLO9

Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran fisika dan manajemen laboratorium fisika

 

Programme Objectives

Programme Learning Outcomes (PLOs)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

PO1

v

v

 

 

 

 

 

 

 

PO2

 

 

v

v

 

 

 

 

 

PO3

 

 

 

 

v

v

 

 

 

PO4

 

 

 

 

 

 

v

v

v

 

CP PADA KURIKULUM (KKNI)

Program Learning Outcome (PLO)

S1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

PLO 1

Menunjukkan etika profesional berdasarkan nilai agama dan patriotisme

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian pendidikan fisika secara mandiri

S8

Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

PLO 2

Menunjukkan etika professional berdasarkan nilai akademik dan sikap ilmiah

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

KK2

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi fisika melalui pendekatan saintifik

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora

KU5

Mampu menjaga dan mengembangkan kesejawatan dengan pembimbing, kolega, maupun sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga

KU6

Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok / organisasi.

P8

Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika

PLO3

Menguasai konsep, hukum, prinsip, dan teori fisika klasik dan modern beserta metode analisisnya

P10

Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister

P1

Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;

PLO 4

Menguasai kemampuan pedagogik dalam proses pembelajaran di bidang fisika

P2

Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika

P3

Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah

P4

Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuK merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa

P9

Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran Fisika di sekolah

KK6

Terampil membelajarkan konsep-konsep dalam ilmu fisika, dan mengomunikasikannya dalam bahasa inggris (khususnya bagi lulusan kelas unggulan) pada peserta didik

P6

Menguasai metode penelitian pendidikan fisika

PLO 5

Menerapkan teori metodologi penelitian Pendidikan fisika, kurikulum, media dan asesmen pada pembelajaran fisika

P5

Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar

PLO 6

Membuat perangkat pembelajaran pada bidang kurikulum, media, dan asesmen Pendidikan fisika sesuai dengan kaidah TPACK dan Local Wisdom

KK1

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi pada situasi yang dihadapi

KK3

Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah

KK5

Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran fisika

KU4

Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu.

KU2

Mampu mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran ataupun riset di bidang pendidikan fisika yang telah dilakukan melalui kaidah dan etika ilmiah dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media ilmiah

PLO 7

Mempublikasikan hasil penelitian pendidikan fisika minimal di tingkat nasional

KK7

Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang pendidikan fisika dan fisika

PLO 8

Menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan beradaptasi, komunikasi, dan kepemimpinan

KK8

Mampu mengembangkan potensi dalam dunia usaha dan industri

KK9

Mampu mengembangkan wawasan dan keterampilan di luar bidang pendidikan fisika, seperti: kesehatan, humaniora, ekonomi dan rekayasa

P7

Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan

PLO 9

Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran fisika dan manajemen laboratorium fisika

KK4

Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan fisika dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan

KU3

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok