Visiting Professor (VP) In Bound Department of Physics Education FMIPA UNY

Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menyelenggarakan kegiatan Visiting Professor (VP) In Bound  pada Senin, 27 Mei 2024 dan Selasa, 28 Mei 2024. Acara ini menghadirkan Dosen Tamu yakni Dr. Noorzana Khamis dari School of Education, Faculty of Social Sciences and Humanities, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Acara VP akan berlangsung selama 12 JP dari jam 07.30 WIB-15.30 WIB pada Senin, 27 Mei 2024 dan Selasa, 28 Mei 2024.

Sejalan dengan rencana jangka panjang universitas dan sekaligus mendukung tercapainya IKU 8, Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY sebagai salah satu elemen civitas akademika, FMIPA UNY berkomitmen untuk turut mengembangkan Departemen Pendidikan Fisika, khususnya program studi Pendidikan Fisika  menjadi program studi yang berkualitas dan bertaraf internasional. Tujuan tersebut dapat diwujudkan dengan kolaborasi internasional dengan universitas baik di negara ASEAN maupun di luar ASEAN untuk melakukan kerjasama dengan dosen universitas luar negeri dalam beberapa program seperti Visiting Professor dan peluang kerjasama dalam hal penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi dari FMIPA UNY.

Departemen Pendidikan Fisika berdasarkan ciri keilmuan memiliki potensi pengembangan metode penelitian pendidikan fisika (untuk program studi Pendidikan Fisika). Untuk dapat mengembangkan penelitian, pengabdian masyarakat maupun pengembangan bahan ajar khususnya bidang metode penelitian pendidikan fisika dan evaluasi pendidikan fisika, dibutuhkan pengembangan penilaian kerjasama dengan universitas lain yang telah memiliki reputasi internasional. Salah satu mitra internasional yang dapat melakukan kerjasama dengan Departemen Pendidikan Fisika UNY adalah School of Education, Faculty of Social Sciences and Humanities, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). UTM adalah perguruan tinggi tua yang sudah berdiri sejak tahun 1904 dan telah banyak melakukan kolaborasi dengan beberapa universitas di Indonesia termasuk UNY. Kerjasama antara Departemen Pendidikan Fisika UNY dengan UTM dalam program Visiting Professor (VP) In Bound ini diharapkan dapat terlaksana dan menambah pengetahuan dan wawasan keilmuan bagi dosen, laboran maupun mahasiswa di perkuliahan dan research group yang berkaitan dengan bidang tersebut.