Mahasiswa Pendidikan Fisika UNY Kembangkan Virtual Laboratorium Listrik Dinamis

Empat mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan virtual laboratorium listrik dinamis yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA di SMP. Tim Harapan Ibu terdiri dari Taufiq Bayu Nur Rahmat, Cahyaningrum Solehati, Saadah Vidaroini, dan Salwa Talitha Zabrina dengan dosen pembimbing Dr. Riki Perdana, M.Pd. Media virtual laboratorium yang dilombakan dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2024 divisi 2 Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP) ini memanfaatkan Scratch untuk membuat virtual laboratorium listrik dinamis.

Berawal dari keprihatinan akan peralatan laboratorium yang terbatas, khususnya di sekolah-sekolah pelosok Indonesia mendorong Tim Harapan Ibu untuk membuat media pembelajaran virtual laboratorium  listrik dinamis. Virtual Laboratorium yang telah dibuat diharapkan dapat menjadi media pembelajaran fisika, khususnya pada materi listrik dinamis di Sekolah Menengah Pertama. Dengan adanya media pembeljaran tersebut diharapkan permasalahan mengenai keterbatasan peralatan laboratorium dapat teratasi.

Hasil pengembangan media pembelajaran virtual laboratorium listrik dinamis oleh keempat mahasiswa pendidikan fisika ini lolos seleksi final Lomba Inovasi Digital Mahasiswa tahun 2024 pada tanggal 9-13 Juni 2024 di IPB University, Bogor yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) - Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Republik Indonesia.

Link video pengembangan virtual laboratorium listrik dinamis dapat diakses di:
https://youtu.be/b1i4DUbw_O4?feature=shared