Inbound Visiting Professor: Kolaborasi Mengajar Program Studi S1 Pendidikan Fisika dengan Trabzon University Turkey

Sebagai salah satu langkah mencapai UNY sebagai Universitas Kependidikan Kelas Dunia, kegiatan akademik berupa Visiting Professor dilaksanakan untuk menambah wawasan baru mengenai berbagai disiplin ilmu yang diajarkan dan dikembangkan di UNY. Di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNY, mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Fisika. Strategi Pembelajaran Fisika mengkaji tentang landasan pelaksanaan pembelajaran fisika. Mata kuliah ini memberikan penjelasan yang sistematis terkait hakikat sains, pengembangan keterampilan proses sains, pendekatan, metode, dan media pembelajaran fisika, serta penerapan strategi pembelajaran fisika di sekolah. 

Kerjasama dengan dosen universitas luar negeri dalam program inbound Visiting Professor dilakukan untuk membuka wawasan mahasiswa tentang Technology Enhanced Learning dalam pembelajaran fisika. Dosen inbound Visiting Professor adalah Prof. Tuncay Özsevgeç dari Trabzon University, Turkey. Beliau merupakan salah satu peneliti dalam bidang pendidikan sains yang telah menerbitkan banyak berbagai publikasi internasional bereputasi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Inbound Visiting Professor ini bertujuan untuk menumbuhkan susasana akademis di program studi yang menuju pada pembelajaran kelas dunia, memperluas jejaring dengan lembaga pendidikan tinggi dunia, mempersiapkan usulan akreditasi program studi, memberikan pengalaman kepada dosen yang ditugasi sebagai pendamping untuk berinteraksi secara lebih luas dengan dosen-dosen di luar negeri, serta mencari inisiasi baru bagi munculnya program-program sejenis atau program lanjutan yang lebih luas dan lebih melembaga.

Kegiatan visiting professor ini dilaksanakan secara daring sebanyak 8 kali mulai dari tanggal 19 September hingga 20 September 2022. Topik-topik dalam setiap kegiatan diantaranya adalah Nature of Physics, ICT into Physics education, Strategies using in Physics education dan A sample of lesson plan.