Departemen Fisika UNY Selenggarakan Pelatihan Penyusunan dan Analisis Butir Soal Fisika

Seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas tidak hanya cukup mahir dalam melakukan perencanaan Pembelajaran dan pelaksanaannya. Akan tetapi, sangat perlu juga memahami dan mempraktekkan teknik penilaian dan evaluasi dalam proses Pembelajaran. Penilaian dan evaluasi penting dilakukan untuk meninjau perkembangan peserta didik.

Dalam rangka memberikan pembekalan kepada guru fisika terkait pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran, tim dosen Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan penyusunan dan analisis butir soal fisika, Kamis (03/8/2023) bertempat di Ruang TeleConference Gedung Sugeng Mardiyono Sekolah Pascasarjana UNY. Pelatihan ini disampaikan oleh tim yang diketuai oleh Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si. dan beranggotakan Prof. Dr. Mundilarto, M.Pd., Dr. Drs. Supahar, M.Si., Irvany Nurita Pebriana, M.Pd., dan Tsania Nur Diyana, M.Pd. 

Sebanyak 26 perwakilan guru Fisika dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Madrasah Aliyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti pelatihan ini. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam 3 tahap, yakni pemaparan materi terkait tes diagnostik dalam Pembelajaran fisika masa kini oleh Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si. dilanjut diskusi secara berkelompok terkait pengisian rubrik penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melalui analisis beberapa butir soal penilaian fisika. Setelah diskusi dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait dengan penentuan batas kelulusan acuan kriteria (standard setting).

Bapak Warjo, S.Pd, M.Pd. guru Fisika MAN 1 Yogyakarta sekaligus sebagai ketua MGMP Fisika MA se-DIY menyambut baik kegiatan ini dan sangat mendukung penuh. “Kegiatan pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga setiap tahun bisa dilaksanakan kegiatan yang serupa untuk menambah wawasan kami dalam proses evaluasi Pembelajaran di kelas, khususnya untuk mata Pelajaran fisika” Ujar Pak Warjo.