Praktisi Masuk Kampus 2023 - Peningkatkan Pengalaman Mahasiswa melalui Inovasi Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan

Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika FMIPA UNY kembali mengadakan Kegiatan Praktisi Masuk Kampus tahun 2023. Kegiatan praktisi masuk kampus diikuti oleh mahasiswa pendidikan fisika semester 6 sebagai persiapan untuk menghadapi tantangan global di masyarakat. Tema kegiatan tahun 2023 ini ialah Peningkatkan Pengalaman Mahasiswa melalui Inovasi Bidang Pendidikan dan 
Kewirausahaan. Setelah kegiatan ini mahasiswa mendapat gambaran tentang dunia kerja pasca lulus. Selain itu, diperoleh juga pemahaman terhadap inovasi dan implementasi pembelajaran fisika dalam kurikulum merdeka. Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang Strategi Pembelajaran dan Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan. Materi disampaikan oleh (1) Bapak Arjena Faizal Nurachdila, M.Pd tentang Inovasi Pembelajaran Fisika dalam Kurikulum Merdeka dan (2) Bapak Ageng Pangestu tentang Kreativitas dan Inovasi dalam Dunia Kerja Era Revolusi 4.0.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Mahasiswa telah mengetahui penerapan pembelajatan fisika dalam kurikulum merdeka. Selain itu, mereka telah memahami bahwa pentingnya jaringan dalam dunia kerja era revolusi 4.0. Para mahasiswa telah memahami bahwa diperlukan keterampilan lain dalam hidup sebagai masyarakat revolusi industry 4.0. Beberapa dari mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait kurikulum merdeka di SMA. Bagaimana bentuk dan pelaksanaan kurikulum tersebut, Apakah ada urutan atau panduan penentuan materi dari pemerintah khususnya materi fisika. Berdasarkan jawaban dan diskusi bersama pemateri, mereka telah mengetahui bahwa terdapat menu atau panduan umum dari pemerintah, esensi materi kegiatan ada, namun tidak harus urut di mana para guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan materi tersebut. Berkaitan dengan kehidupan dunia kerja di era revolusi 4.0, para mahasiswa berdiskusi dengan pemateri mengenai tips untuk sukses dalam dunia kerja. Para pemateri kemudian menjawab bahwa kemampuan yang perlu dimiliki ialah kemmampuan memperluas jaringan atau koneksi dapat melalui organisasi maupun komunitas. Selain itu para mahasiswa juga harus esktrovert, perlu meningkatkan kemampuan di luar bidang, magang, dan jangan menutup diri. 

Kegiatan praktisi masuk kampus prodi pendidikan fisika sudah rutin dilaksanakan setiap tahun, dan akan terus dilaksanakan di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan kebutuhan para mahasiswa dalam mengenal dunia kerja oleh praktisi. Hal ini betujuan guna meningkatkan Pengalaman Mahasiswa melalui Inovasi Bidang Pendidikan dan Kewirausahaan.