Kunjungan Delegasi Michigan State University

Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika menerima kunjungan delegasi dari Michigan State University (MSU) pada tanggal 23-26 Maret 2023. Tujuan dari kegiatan ini ialah delegasi dari MSU melakukan kunjunagan ke beberapa kelas dan berdiskusi dengan dosen serta mahasiswa mengenai pengalaman belajar dan mengajar mereka, terutama tentang konsep belajar K-12. Di Indonesia K-12 sendiri sering disebut "Kelas 1-12" yaitu pendidikan dasar hingga menengah. Namun di Amerika Serikat mereka biasa menyebetu dengan K1-12 untuk pendidikan dasar. Sekolah dasar (elementary school) hingga K-5, dilanjutkan dengan sekolah Menengah (middle school) K6 hingga K8 lalu akhirnya sekolah lanjutan (high school) dari K-9 hingga K-12. Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika diwakili oleh Bapak Dr. Supahar, M.Si sementara delegasi dari Michigan State University (MSU) ialah:

(1) Samantha Caughlan, Ph.D., The Office of International Studies in Education as Curriculum Coordinator with Global Education Engagement Prorgam (GEE)

(2) Nancy Romig, Ph.D., The head of Chinese Teacher Certification Program

(3) Gail Richmond, Ph.D., The Director of The MSU Teacher Preparation Program and a Prominent Science Educator

(4) Alyssa Morley, Ph.D., The Coordinator of Global Education Cohort Program

Potensi kerja sama dalam penelitian atau kegiatan kolaborasi lainnya menyangkut bidang STEM dengan tema utama dari Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA). Melalui kegiatan ini para peserta baik dari MSU maupun Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY berdiskusi bersama mengenai penelitian dan kegiatan kolaborasi tersebut. Hal ini tentu berdampak terhadap peningkatan kualitas pengajaran dan penelitian di mana arah riset juga disesuaikan dengan bidang-bidang kerjasama dengan dunia internasional. Semoga kegiatan ini semakin menambah nilai positif bagi seluruh warga UNY terutama Prodi Pendidikan Fisika FMIPA.