Forum Silaturahmi (Fosil) 2023:"Dialog Kesejahteraan Pendidikan: Bersatu Untuk Perubahan”

Acara Forum Silaturahmi (Fosil) 2023 diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (Hima Fisika FMIPA UNY) pada Jumat (29/9/2023) pukul 09.20-11.20 WIB. Fosil 2023 dilaksanakan secara hybrid (baur), yaitu dengan memadukan antara forum daring dengan forum luring. Kegiatan Fosil 2023 secara daring dilaksanakan via Zoom meeting dan dihadiri oleh 26 mahasiswa, sedangkan Fosil 2023 secara luring dihadiri oleh 7 dosen dan 48 mahasiswa. Kegiatan ini mengambil tema “Dialog Kesejahteraan Pendidikan: Bersatu Untuk Perubahan”, dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas antar civitas akademik di Departemen Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Acara diawali dengan pembukaan oleh dua MC yaitu Muhammad Neyza Arunggajaya dan Gandisvara Pradnya Paramitha Murti kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Hima Fisika FMIPA UNY 2023, yaitu M. Zoelfikar Romicio Malanua. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Ketua Departemen Pendidikan Fisika FMIPA UNY, yaitu Bapak Prof. Dr. Heru Kuswanto, M.Si. Setelah itu dilanjutkan sambutan oleh Prof. Drs. Jaslin Ikhsan M.App Sc., Phd selaku Wakil Dekan bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni yang dilanjutkan dengan pembukaan acara Fosil secara simbolik. Pada sambutannya, Ketua Hima Fisika FMIPA UNY menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai ajang diskusi dan jembatan antara mahasiswa dengan Departemen Pendidikan Fisika FMIPA UNY. Ketua Jurdik Fisika FMIPA UNY juga menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung terselenggaranya Fosil ini. Selain itu, Prof. Drs. Jaslin Ikhsan M.App Sc., Phd mengatakan bahwa perlu diadakannya kegiatan seperti Fosil serta mahasiswa tidak perlu takut untuk mengemukakan aspirasinya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi topik-topik mengenai perkuliahan yang dipandu oleh Ghazy Refrindramiqdad G., selaku moderator. Topik-topik yang dibahas dalam acara ini diambil dari aspirasi yang masuk melalui angket yang sebelumnya telah dibagikan kepada mahasiswa, serta hasil wawancara pada dosen, laboran, dan sub bagian akademik. Terdapat dua topik yang diangkat dalam diskusi ini, yaitu kejelasan administrasi dan perkuliahan serta metode pembelajaran perkuliahan. Dalam topik kesatu dibahas masalah mengenai kejelasan konversi MBKM dan permasalahan MBKM, pemilihan dosen pembimbing skripsi dan pembuatan SK, isu semester antara, serta fasilitas perkuliahan. Kemudian untuk topik kedua membahas mengenai kedisiplinan, antusiasme, dan etika mahasiswa.Setelah sesi diskusi selesai, acara ditutup dengan dokumentasi atau foto bersama antara dosen dan mahasiswa. Setelah terlaksananya acara ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan komunikasi antar civitas akademik di lingkungan Departemen Pendidikan Fisika FMIPA UNY.