EMPAT TIM PKM DEPARTEMEN PENDIDIKAN FISIKA FMIPA UNY RAIH PRESTASI DI KOMPETISI PKM AMLI TAHUN 2023

Empat tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Departemen Pendidikan Fisika FMIPA UNY yang berpartisipasi dalam Kompetisi PKM Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) tahun 2023 berhasil meraih prestasi gemilang. Tim pertama yang diketuai oleh Ni Kadek Nabila Sesilia (Fisika E 2021) dan anggota Putri Tria Sari (Fisika E 2021), Muhammad Ramdhan Haikal Fikri (Fisika B 2021), serta Fadhilah Fitria Setyawati (Fisika B 2020) dengan dosen pembimbing Wipsar Sunu Brams Dwandaru, S.Si., M.Sc., Ph.D berhasil meraih Juara 1 pada PKM Riset Eksakta. Tim kedua yang diketuai oleh Saadah Vidaroini (Pendidikan Fisika A 2021) dan beranggotakan Salwa Talitha Zabrina (Pendidikan Fisika A 2021) serta Taufiq Bayu Nur Rahmat (Pendidikan Fisika A 2021) dengan dosen pembimbing Ibu Tsania Nur Diyana, S.Pd., M.Pd. berhasil meraih Juara 3 pada PKM Penerapan Iptek. Tim ketiga dengan anggota Chela Junita (Pendidikan Fisika C 2022) dan Eliana Diah Puspita Arum (Fisika B 2022) berhasil meraih juara harapan 1 pada PKM Riset Eksakta. Tim keempat dengan anggota Listianingsih (Pendidikan Fisika A 2020) berhasil meraih juara harapan 2 pada PKM Riset Sosial Humaniora.

Tim PKM Riset Eksakta 1 melakukan penelitian dengan judul “Pemanfaatan Limbah Kertas menjadi Kertas Daur Ulang Serat Organik Berbasis Carbon Nanodots Berbahan Dasar Limbah Kulit Buah”. Tim PKM Penerapan Iptek mengusung program dengan judul, “Penerapan Branding Strategy dan Digital Marketing untuk Memperluas Pemasaran Produk Beras Kelompok Tani Mantep”. Tim PKM Riset Eksakta 2 melakukan penelitian dengan judul, “Pembuatan Edible Film Ampas Tebu Dengan Plasticizer Gliserol sebagai Alternatif Kertas Pembungkus Nasi”. Tim PKM Riset Sosial Humaniora melakukan penelitian dengan judul "Fenomena Hustle Culture Generasi Z dalam Sudut Pandang Filosofi Hidup Masyarakat Jawa Alon-Alon Waton Kelakon".

Kompetisi PKM AMLI 2023 merupakan program kolaborasi yang diselenggarakan oleh Asosisasi MIPA LPTK Indonesia dengan Universitas Negeri Medan. Skim yang dilombakan di PKM Amli meliputi PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, PKM-VGK, dan PKM GFT. Kegiatan PKM AMLI 2023 dimulai dari pengajuan proposal pada bulan Juni-Juli, pelaksanaan PKM pada bulan Agustus-Oktober, presentasi final pada tanggal 2 November 2023, hingga pengumuman juara pada tanggal 3 November 2023.