Kegiatan PPM: Pelatihan Kit Alat Fluida Bergerak Untuk Guru SMA/MA di DIY

Kamis (25 Agustus 2016) Tim PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) yang diketuai oleh H. Suyoso, M. Si menyelenggarakan Pelatihan Kit Alat Fluida Bergerak di Laboratorium Fisika Dasar FMIPA UNY. Acara ini diikuti oleh  25 Guru Fisika SMA/MA di DIY. Selaku narasumber kegiatan, Suyoso menyatakan “tidak semua guru mampu mengembangkan alat-alat praktikum di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan kit alat resonator. Oleh karena itu, adanya kegiatan pelatihan bagi guru SMA/MA diharapkan dapat membantu peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan, mendesain dan membuat  kit alat ekperimen, yaitu yang berupa kit alat fluida bergerak melalui  kerjasama antara dosen dan guru fisika serta dibantu oleh beberapa mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah penelitian fisika/kolokium sesuai dengan judul alat yang sedang mereka rancang.”

Pelatihan Kit Alat Fluida Bergerak Untuk Guru SMA/MA di DIY

Adapun pelatihan Kit Fluida Bergerak meliputi: Kit Fluida menentukan bilangan Reynold, Kit Fluida Pusaran Air, dan Kit Fluida Pipa Pindah. Tampak peserta antusias mengikuti kegiatan PPM ini.  Adanya tuntutan dari kurikulum bahwa pada setiap akhir proses pembelajaran  diharapkan peserta didik mampu memahami konsep-konsep secara teoretis maupun konsep-konsep yang bersifat praktis. Khusus untuk konsep-konsep yang bersifat praktis akan lebih mudah dipahami melalui kegiatan eksperimen praktikum, karena melalui kegiatan tersebut siswa akan dapat mengamati fenomena fisis, trampil menggunakan alat ukur, trampil merekam data, mampu menganalisis data, dan dapat menarik kesimpulan.

Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru Fisika di Yogyakarta.

Selesai kegiatan Pelatihan Kit Fluida, Dr. H. Edi Istiyono, M.Si selaku narasumber kedua kegiatan PPM menyampaikan Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru Fisika di Yogyakarta.