Lab. Fisika Material

Lab. Fisika material menempati ruang di lantai 2 sayap barat. Lab. Fisika Material memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam pengajaran dan penelitian pada bidang minat fisika material.
Beberapa peralatan yang tersedia antara lain :

  1. Oven
  2. pompa vakum
  3. furnace
  4. freezer
  5. water calorimeter
  6. coating
  7. dll.
Daftar penelitian yang telah dihasilkan:
  1. Fabrikasi dan Karakterisasi bahan semikonduktor Cu(In,Ga)Se2 masif dengan teknik Bridgman dan Lapisan Tipis dengan teknik Flash Evaporation untuk aplikasi sel surya (2004-2006)
  2. Preparasi dan karakterisasi bahan semikonduktor Cd(Se1-X,SX)  massif dengan teknik Bridgman dan lapisan tipis dengan tehnik Closed Space Vapor Transport (CSVT)untuk aplikasi sel surya (2008-2009)
  3. Struktur kristal dan Respon Spektral Ultra Violet – Visible  (UV-VIS)  pada Lapisan Tipis  Tembaga, Aurum, Indium, Perak, Timbal dan Aluminium hasil Preparasi dengan  Teknik Evaporasi Klasik (2009)
  4. Optimalisasi Variabel Preparasi pada Pembuatan Lapisan Tipis CdS dengan Teknik Closed Space Vapor Transport (CSVT). (2010)
  5. Preparasi dan Karakterisasi Bahan Semikonduktor Cd(Se1-X, TeX) massif Menggunakan Teknik Bridgman dan Lapisan Tipis dengan Teknik Closed space Vapor Transport (CSVT) untuk Aplikasi Sel Surya (2011)
  6. Preparasi dan Karakterisasi Bahan Semi Konduktor Cd (Se1-x, Tex) Lapisan Tipis dengan Teknik Closed Space Vapor Transport (CSVT) untuk Aplikasi Sel Surya (2012)

Kepala Sub laboratorium fisika material: Dr. Ariswan