HUBUNGAN BAIK TERJALIN ANTARA MAHASISWA UNY DENGAN MAHASISWA UPM (UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA) DALAM KEGIATAN UNY SIT IN PROGRAME.

Universitas Negeri Yogyakarta telah menunjukkan langkah pastinya dalam mewujudkan World Class University melalui kegiatan Sit In dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika dan Pendidikan IPA 2013 untuk belajar selama 10 hari (tanggal 15-25 Oktober 2016) di Universiti Putra Malaysia (UPM). Mahasiswa UNY didampingi oleh bapak Nur Kadarisman, M. Si dan ibu Putri Anjarsari, M.Pd. Kegiatan yang dilakukan antara lain perkenalan budaya diantara kedua budaya, pertukaran informasi mengenai organisasi yang ada di Fakulti Sains di UPM dan Fakultas MIPA di UNY, kuliah, keliling laboratorium fisika, turut serta dalam kegiatan tahunan FUSION DAY, berkunjung ke Bukit Ekspo, dan jalan jalan ke tempat wisata yang ada di Malaysia.

KEGIATAN UNY SIT IN PROGRAME 2016Mahasiswa dari UNY mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas Pendidikan Fisika yang ada di UPM mulai hari Senin pada tanggal 17 Oktober hingga hari Jum’at, 22 Oktober 2016. Adapun mata kuliah yang telah diikuti adalah Elektronik Digital, Piranti Semikonduktor, Optik Geometri dan Gelombang, Sains Bahan, Optik Modern, Fisika Nuklir, dan Matematika untuk Fisika. Kegiatan perkuliahan di UPM berbeda dengan UNY yaitu beragamnya mahasiswa yang belajar di UPM membuat dosen sering menggunakan bahasa Inggris namun kadang diselingi dengan bahasa Melayu, dosen lebih banyak menggunakan proyektor daripada whiteboard, sebagian besar kegiatan perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah dan hanya menyampaikan inti dari perkuliahan sehingga mahasiswa dituntut untuk lebih aktif untuk belajar mandiri dari referensi yang sudah disediakan, mahasiswa mendapatkan modul sebelum materi dijelaskan pada perkuliahan, terdapat kegiatan diskusi untuk membahas soal yang telah diujikan, dan penggunaan waktu oleh dosen untuk menjelaskan dan melakukan diskusi sangat baik. Selain perbedaan dalam kegiatan perkuliahan, terdapat pula perbedaan dalam kegiatan praktikum yaitu mahasiswa melakukan praktikum secara mandiri dengan deadline waktu yang telah ditentukan untuk mengumpulkan laporan hasil praktikum.

Kegiatan sit-in dimeriahkan dengan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, diantaranya planetarium negara, bukit nanas Eco Park, KLCC, jalan Tunku Abdul Rahman, Putrajaya, Bandar Raya Melaka, Pasar Seni, Berly’s Chocolate, berkunjung ke ladang sapi, Putra FM, dan Muzium Warisan yang dimiliki UPM. Kegiatan sit in ini dilengkapi dengan kegiatan physiscs family yang disebut dengan FUSION DAY merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa dan beberapa dosen jurusan fisika untuk melakukan perlombaan yang dibagi ke dalam 4 tim yaitu tim merah, biru, hijau, dan kuning. Mahasiswa UNY bergabung dengan tim kuning dan berhasil meraih juara 1. Pada kegiatan inilah mahasiswa UNY dapat merasakan hubungan kekeluargaan yang sangat dekat dengan mahasiswa di UPM. Dan pada Senin malam tanggal 24 Oktober 2016 telah dilakukan malam penutupan atau perpisahan di aula yang ada di kolej kelima UPM. Kegiatan ini terasa menyenangkan karena terdapat penampilan seni dari mahasiswa UPM dan UNY.
Muhammad Ihsanul Fikri, salah satu mahasiswa peserta program sit-in berharap  “Semoga segala kebermanfaatan yang diperoleh di UPM dapat disebarkan di UNY dan hubungan baik diantara kedua universitas dapat membuka peluang bagi mahasiswa UNY untuk melanjutkan studi di UPM atau sebaliknya. Aamiin.”