Forum Silaturrahmi Semester Ganjil 2022

Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNY adalah kegiatan Forum SIlaturrahmi. Kegiatan ini diprakarsai oleh himpunan mahasiswa fisika (HIMAFI) FMIPA UNY. Kegiatan ini bertujuan mendengarkan aspirasi mahasiswa dan mendekatkan hubungan mahasiswa dengan dosen di lingkungan prodi dan dilaksanakan di setiap semesternya. Fosil gelombang pertama (ganjil 2022) mengangkat tema "Bangkitkan eksitensi silaturrahmi, kuatkan kolaborasi, menuju perkuliahan yang bersinergi). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Jumat (22/04/2022) secara daring dari pukul 13.00-16.00 WIB, dihadiri oleh 122 mahasiswa dan 10 dosen di lingkungan prodi pendidikan fisika.

Kegiatan ini diawali oleh sambutan selaku ketua HIMAFI, Dr. Warsono, M.Si. selaku ketua jurusan, serta Prof. Dr. Ariswan, M.Si. selaku dekan FMIPA.

Puncak kegiatan FOSIL ini yaitu diskusi topik dan tanya jawab yang berlangsung selama 135 menit. Berikut topik dan sub topik yang dibahas dalam FOSIL #1.

1. Kejelasan administrasi dan informasi perkuliahan

  • Kejelasan konversi nilai MBKM di luar Siakad (seperti KMMI dan KM)
  • Update alur tugas akhir di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY

2. Metode pembelajaran perkuliahan

  • Kendala yang dialami civitas akademik Jurusan Pendidikan Fisika selama perkuliahan
  • Urgensi dan waccana praktikum luring
  • Kedisiplinan, antusiasme, dan etika mahasiswa dalam perkuliahan daring
  • Perkuliahan daring yang diharapkan mahasiswa

Topik-topik yang diangkat merupakan hasil dari penjaringan aspirasi mahasiswa dan dosen yang dilakukan oleh Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesra) HIMAFI FMIPA UNY via Google Formulir serta aspirasi dosen dilakukan melalui wawancara. Kegiatan ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari pihak jurusan dan program studi dan sebagai tindak lanjut pada hari Senin (25/04/2022) dilaksanakan Simulasi Konversi Nilai MBKM.