PPM: Pelatihan Pembuatan Perencanaan Pembelajaran IPA Untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Di Kelas Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru SMP Se-Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman

Pada hari sabtu, 22 Oktober 2016 telah dilaksanakan program pengabdian kepada masyarakat oleh tim PPM yang diketuai oleh ibu Rita Prasetyowati, M.Si di SMP Negeri 3 Kalasan, yang beralamat di Jalan Sidokerto, Kelurahan Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. PPM ini melibatkan empat dosen dari Jurusan Pendidikan Fisika UNY, satu orang mahasiswa dan guru-guru SMP Negeri 3 Kalasan sebagai peserta. Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan dari tim dosen UNY, penerimaan dari guru SMPN 3 Kalasan, dan dilanjutkan dengan acara inti.

Acara intinya sendiri dibagi menjadi dua sesi: Sesi pertama adalah diskusi dan sharing tentang pembuatan Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP) yang harus dibuat oleh setiap guru dan dosen dalam melaksanakan tugas pengajarannya. Dari hasil diskusi dan sharing ini, terungkap bahwa guru-guru kesulitan membuat RPP karena sering berubahnya format RPP dan/atau kurikulum yang ditetapkan. Adakalanya, RPP dengan format terbaru belum rampung dibuat, ternyata sudah dikeluarkan format yang berbeda lagi. Guru-guru juga semakin disulitkan dengan tidak adanya sosialisasi tentang pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Oleh karena itu, diusulkan untuk mengundang narasumber yang kompeten dan bisa memberikan pencerahan kepada guru-guru tersebut dalam membuat RPP yang sesuai.

Sesi kedua adalah penyerahan dan penjelasan kit percobaan fisika sederhana yang bisa digunakan untuk praktikum di sekolah menengah. Ada empat buah kit yang diserahkan, yaitu: Hukum Ohm, Induksi Elektromagnet, Lensa dan Beban Gaya. Tim dari UNY menjelaskan cara kerja dan tujuan percobaan dari masing-masing kit, serta memberikan contoh Lembar Kerja Siswa terkait percobaan tersebut. Acara pun diakhiri dengan penyerahan secara simbolis ke-empat kit percobaan tersebut, dan rencana kerjasama di masa yang akan datang.